Senin, 26 Januari 2015

Asteroid berukuran setengah kilometer hiasi langit bumi


Hari ini, 26 Januari 2015, asteroid '2004 BL86' bakal melintasi Bumi dan dilihat dengan hanya menggunakan teleskop sederhana.


Asteroid '2004 BL86' yang memiliki diameter hingga setengah kilometer ini bakal menjadi asteroid yang melintas dengan jarak terdekat dengan bumi sepanjang sejarah umat manusia, seperti dilansir Softpedia (26/1).

"Senin 26 Januari akan menjadi hari di mana asteroid 2004 BL86 mencapai jarak terdekatnya dengan bumi, setidaknya untuk 200 tahun mendatang," ujar Don Yeomans, ahli antariksa pensiunan dari NASA.

Meski memiliki diameter yang masif, namun asteroid ini tidak akan membahayakan Bumi. Para ilmuwan yakin bila asteroid 2004 BL86 berada pada jarak yang cukup aman kala melintasi Bumi. Kira-kira jaraknya adalah 1,2 juta kilometer atau tiga kali jarak bulan ke bumi.

"Asteroid 2004 BL86 belum akan menjadi ancaman bagi bumi di masa depan. Mengingat asteroid ini adalah salah satu yang terbesar yang diketahui oleh manusia, tentu sangat menarik untuk mengamatinya di jarak terdekatnya dengan bumi," tambah Yeomans.

Asteroid ini akan bergerak melalui langit Bumi dari arah selatan ke utara yang berarti jika asteroid ini akan melintas dari bawah hingga ke atas orbit Bumi.

Sayangnya, kemungkinan besar asteroid ini hanya akan terlihat dari belahan Bumi bagian utara meliputi Amerika dan sebagian wilayah Eropa.

0 komentar:

Posting Komentar